banner

20 Peluang Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil 2020

author photo September 16, 2020
Peluang Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil - Mencari uang saat ini tidak hanya dengan menjadi pekerja untuk perusahaan-perusahaan besar. Anda juga bisa menjalankan usaha kecil-kecilan guna bisa memperoleh mata pencaharian. Nyatanya, banyak bisnis yang terlihat sepele nyatanya merupakan usaha yang menjanjikan untung besar di tahun 2020 sampai 2021 loh...

Menjalankan usaha memang tidak bisa dibilang mudah. Namun, jika Anda berhasil, pendapatan yang berlipat-lipat dibandingkan hanya bekerja sebagai karyawan di perusahaan siap menanti Anda. Membuka usaha yang bisa mendatangkan untung menjanjikan pun sebenarnya tidak harus mengeluarkan modal besar. Buktinya banyak usaha modal kecil yang bisa terus berkembang dan menjadi usaha dengan untung fantastis.

20 Peluang Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil 2020



Kalau Anda termasuk yang ingin memulai usaha, cobalah mempertimbangkan berbagai pilihan usaha modal kecil di bawah ini. Meski dengan modal tidak seberapa, nyatanya beragam pilihan ini merupakan usaha yang menjanjikan!

Usaha kuliner itu tidak ada matinya. Bagaimanapun, makanan maupun minuman merupakan salah satu kebutuhan pokok yang selalu dicari banyak orang. Ketika Anda memutuskan untuk membuat usaha di bidang kuliner, artinya akan ada selalu kebutuhan yang mesti Anda penuhi.

Syaratnya hanya satu, Anda fokus hendak melakukan usaha kuliner apa dan teruslah berinovasi. Ini agar usaha kecil-kecilan Anda tersebut beda dibandingkan usaha kuliner milik orang lain. Beberapa usaha kuliner yang bisa Anda pertimbangan seperti di bawah ini.

1.  Camilan

Usaha berdagang camilan hanya memerlukan modal tidak sampai jutaan rupiah untuk awalnya. Bahkan hanya dengan Rp 200.000-300.000, Anda bisa memulai usaha kecil-kecilan ini dengan produksi terbatas. Jenis usaha camilan yang bisa Anda pilih sangat beragam. Anda bisa memilih usaha kue basah berupa jajanan pasar, usaha gorengan, usaha roti, bahkan usaha-usaha camilan kekinian, seperti cake tanpa oven maupun mixer.

Berdagang camilan termasuk usaha yang menjanjikan karena Anda bisa membuat camilan dengan skema pre-order. Keuntungan awal dari modal Rp 200.000 saja bisa mencapai dua kali lipatnya. Hanya saja, yang melakukan usaha ini tentu bukan hanya Anda. Ketiadaan inovasi dan kualitas yang tidak terjaga bisa menjadi perusak bisnis ini.

2.  Katering Rumahan

Modal untuk membuat usaha katering rumahan bisa disesuaikan dengan pesanan. Pasalnya rata-rata ketika produksi, pembeli katering Anda akan melakukan pembayaran sebagian di muka. Modal yang perlu Anda keluarkan paling gencar paling untuk tester sekaligus promosi agar orang-orang mengetahui usaha modal kecil ini.

Anda mungkin kesulitan di awal usaha karena umumnya orang memilih katering berdasarkan nama besar. Namun, sekali Anda mendapatkan konsumen dan hasil katering Anda memuaskan, berita dari mulut ke mulut akan membuat pesanan untuk katering Anda membeludak.

3.  Usaha Kue Kering

Bisnis kuliner memproduksi kue-kue juga termasuk usaha menjanjikan. Anda bisa memulai usaha ini hanya dengan modal ratusan ribu rupiah. Keuntungannya bahkan berkisar 2-3 kali lipat dibandingkan modal awal.

Kelebihan usaha ini adalah kue kering termasuk makanan yang daya tahannya lama sehingga Anda bisa menyetoknya untuk sekali produksi. Namun, Anda mesti siap tidak selalu mendapatkan pesanan tiap hari. Pasalnya, konsumen kue kering umumnya bersifat musiman.

4.  Warung Nasi

Anda pastinya sudah tidak asing dengan keberadaan warung nasi yang banyak berseliweran di jalan. Keuntungan dari usaha kuliner tersebut nyataya sangat besar. Sebagai contoh dari sepiring nasi seharga Rp 20.000, modal yang diperlukan mungkin hanya di bawah Rp 10.000. Selain warung nasi, usaha kuliner serupa yang mirip adalah usaha nasi uduk ataupun warung makan dengan menu khusus, seperti soto ataupun lontong sayur.

Hanya saja, Anda tentu perlu memasak langsung dalam porsi banyak ketika menjalankan usaha menjanjikan ini. Anda pun harus bersiap dengan kemungkinan makanan Anda tidak habis dan tidak bisa dijual lagi. Walaupun sebenarnya, pelanggan yang datang ke tempat usaha Anda sebenarnya tidak akan berhenti.

5.  Minuman Kekinian

Usaha kuliner berupa minuman kekinian sangat menjanjikan apabila dijalani dengan serius. Untuk membuka usaha ini, modal yang diperlukan biasanya berkisar Rp 1-5 juta. Modal tersebut biasanya akan kembali setelah Anda menjalankan usaha ini selang beberapa bulan.

Pasar dari usaha minuman kekinian sangat besar. Pasalnya, orang selalu suka dengan berbagai hal baru dan bersifat kekinian, tidak terkecuali untuk minuman. Namun, Anda juga harus waspada usaha kecil-kecilan Anda akan cepat dilupakan ketika muncul usaha minuman kekinian yang lain. Karena itu, inovasi mutlak harus selalu dilakukan secara berkala. Beberapa jenis usaha minuman kekinian yang bisa Anda pilih adalah usaha thai tea, minuman boba, juga kedai kopi tentunya!

Usaha Bidang Jasa


Sadar tak punya kemampuan membuat sesuatu, bukan berarti Anda tak bisa memiliki usaha yang menjanjikan. Berbagai usaha di bidang jasa bisa Anda lakukan untuk bisa menjadi wirausaha sukses. Beberapa pilihan di bawah ini layak Anda pertimbangkan sebab modalnya yang cukup terjangkau.

1.  Usaha Laundry Kiloan

Mencuci dan menyetrika merupakan kegiatan yang umumnya enggan dilakukan banyak orang. Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk membuat usaha laundry kiloan. Modal yang Anda perlukan di awal hanya sebuah mesin cuci berikut sabun wangi khas penatu yang harganya tidak mencapai ratusan ribu per kilogramnya. Diperlukan pula alat setrika.

Pasar dari usaha kecil-kecilan ini sangat banyak, khususnya orang-orang yang bekerja ataupun anak kos. Namun tentunya, pertambahan unit mesin cuci dan setrika diperlukan jika memang jumlah pesanan telah melesat tajam. Anda pun mesti menyiapkan tenaga kerja tambahan jika memang usaha berkembang baik.

2.  Usaha Cuci Mobil dan Motor

Tiap kendaraan pasti memiliki waktu untuk bersih-bersih alias harus dicuci. Inilah sebabnya usaha cuci mobil dan motor tidak ada matinya. Anda juga bisa memulai usaha ini dengan modal di bawah Rp 5 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli kompresor dan penyedot air.

Harga untuk jasa cuci mobil atau motor berkisar Rp 10.000-20.000. Jika satu hari setidaknya ada 5-10 kendaraan yang mampir ke usaha jasa Anda, pendapatan Anda bisa mencapai Rp 100.000 per hari. Bayangkan berapa keuntungannya dalam sebulan? Jumlah tersebut bisa dikatakan lumayan bersih karena selain modal tetap di awal, modal tambahan hampir tidak ada.

3.  Bimbingan Belajar

Membuka usaha bimbingan belajar juga sangat tepat bagi Anda yang ingin mencari usaha modal kecil, tapi dengan keuntungan besar. Pasalnya, modal untuk membuat usaha ini sangat minim. Anda sejatinya hanya memerlukan promosi serta tempat kecil untuk memulai usaha.

Jika sudah berkembang dan murid bertambah banyak, barulah Anda memikirkan masalah sewa tempat dan tenaga pengajar lain. Meski peluangnya tinggi, Anda harus memiliki program yang membedakan dengan bimbingan belajar yang sudah ternama agar usaha Anda tetap ramai.

4.  Usaha Potong Rambut

Tidak perlu menjadi ahli potong rambut untuk membuka usaha potong rambut. Anda bisa merekrut orang untuk menjadi pegawai Anda. Untuk tahap awal, mungkin Anda tidak perlu melakukan sistem gaji guna menghemat modal, melainkan sistem kemitraan.

Usaha potong rambut, khususnya barbershop untuk pria, saat ini terus berkembang. Modal untuk usaha yang menjanjikan ini pun tidak relatif besar. Sebagai tahap awal, Anda perlu membeli modal tetap seperti kursi, cermin, dan alat pencukur yang nilainya tidak mencapai Rp 5 juta. Modal tersebut bisa ditambah seiring majunya usaha Anda.

5.  Usaha Lahan Parkir

Usaha kecil-kecilan ini sangat cocok buat Anda yang memiliki lahan tidak terpakai. Hanya bermodal semen, kanopi, aliran listrik, dan keran; Anda sudah bisa membuat usaha parkir yang pasti laris manis. Jika dikira-kira, modal untuk membuat satu area parkir di lahan sekitar 70 meter persegi saja tidak mencapai Rp 5 juta. Tiap bulannya pun Anda hanya perlu melakukan pengeluaran sedikit sekali untuk biaya listrik serta air.

Jika area itu ada di perumahan, Anda bisa menjadikannya parkiran mobil dengan tarif parkir Rp 300.000-500.000 per bulan untuk tiap unit. Lahan 70 meter persegi setidaknya bisa menampung 3-4 mobil. Sementara itu, jika di tempat ramai, jadikan lahan tersebut sebagai area parkir motor dengan tarif parkir Rp 3.000 per sekali datang. Setidaknya jika dalam sehari ada 50 motor saja yang parkir bolak-balik, pendapatan Anda dalam sebulan bisa mencapai Rp 4,5 juta.



Usaha Kreatif

Dunia kreatif menawarkan banyak jenis usaha kecil-kecilan yang menguntungkan dan menjanjikan. Modalnya pun relatif lebih rendah dibandingkan jenis usaha di bidang lain. Berikut beberapa usaha kreatif dengan modal minim yang bisa Anda pertimbangkan.

1.  Usaha Kerajinan

Usaha membuat barang-barang kerajinan pasti selalu ada. Hanya saja dalam menjalankan usaha ini, Anda harus terus berinovasi menghadirkan produk baru untuk mengikuti keinginan pasar. Modal usaha kerajinan pun rata-rata Anda yang berada di bawah Rp 1 juta jika masih dalam skala kecil. Dari modal tersebut, untung yang bisa Anda peroleh bisa mencapai 3-4 kali lipatnya.

Beberapa usaha kerajinan yang bisa Anda lirik menjadi peluang, seperti usaha suvenir pernikahan, produk rajutan handmade, sampai kreasi daur bekas dari sampah yang sudah tidak terpakai.

2.  Usaha Rias

Anda senang berdandan? Jadikan hobi tersebut sebagai usaha yang menjanjikan juga sangat bisa! Untuk modal awal, Anda bisa membeli baru merek-merek make up yang biasa Anda gunakan. Kalaupun konsumen masih sedikit, alat-alat tersebut nantinya tidak mubazir sebab bisa Anda pakai.

Pasar untuk usaha rias lumayan besar. Orang yang wisuda, bertunangan, menikah, bahkan hanya untuk pergi ke acara formal banyak yang menyewa jasa perias saat ini. Sekali merias, setidaknya mereka berani membayar Rp 200.000.

3.  Penulis dan Penerjemah

Jika Anda punya bakat di bidang bahasa, cobalah membuka usaha untuk membuat konten atau menerjemahkannya. Pasalnya, tiap usaha lain membutuhkan hal tersebut sebagai bahan promosi mereka.

Jelas ini usaha yang menjanjikan sebab pasarnya selalu ada. Modalnya pun sangat minim karena Anda cukup menyediakan sarana penunjang seperti laptop dan internet. Sisanya, kreativitas otak Anda yang bermain.

Pasanglah tarif yang wajar sebagai tahap awal agar banyak orang tertarik menggunakan jasa kreatif Anda ini. Seiring waktu, nilai tersebut akan meningkat seiring telah semakin dipercayanya hasil karya Anda oleh para klien.

4.  Desainer

Desainer grafis masih laku di pasaran. Ini karena tidak semua orang bisa menghasilkan karya seni seperti itu. Jadi jika Anda punya menggambar, tidak ada salahnya membuka usaha kecil-kecilan ini.

Modal untuk usaha desain juga relatif kecil karena hanya menggunakan sarana yang sering Anda pakai, seperti laptop, pensil, drawing pen, dan lain-lain. Itu pun termasuk modal tetap yang tidak perlu diperbaharui tiap bulan. Soal keuntungan, jutaan rupiah bisa langsung Anda peroleh untuk satu desain Anda jika nama Anda sudah melejit.

Banyak bukan pilihan usaha yang menjanjikan yang modalnya tidak terlalu besar? Anda bisa menyesuaikan usaha yang Anda jalankan dengan minat dan bakat Anda.

Dalam berusaha, aset terpenting adalah diri Anda. Karena itu, kesehatan menjadi sangat penting sebab jika sedang sakit, otomatis usaha tidak berjalan dan perlahan surut. Dalam urusan kesehatan, pastikan Anda tidak hanya melakukan penjagaan preventif.

Membeli asuransi kesehatan PFI Mega Life dapat menjadi penjagaan sewaktu-waktu Anda sakit. Ini tentu bisa menjadi pilihan bijak agar keuntungan usaha tidak habis hanya untuk berobat.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisemen

Advertisement

Themeindie.com